16 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap - Sumber Informasi Akuntansi

Selamat Malam semua. Kenapa malam ? Karena saya bekerja di siang hari dan hanya punya waktu di malam hari untuk menulis. Hehe biar bisa fokus ceritanya :-) :-)
Apa kabar ? Semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat walafiat. Aaamiiin Aamiiin..
Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai "16 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap".
Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap
Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

Apa yang ada di pikiran anda jika mendengar sebutan Akuntansi ? Hampir setiap orang yang berkecimpung di dunia usaha pasti mengetahui apa arti Akuntansi bukan? Namun tidak sedikit pengetahuan di antara mereka yang menganggap akuntansi itu berhubungan dengan keuangan atau persoalan menghitung uang. Akan tetapi kurang tepat jika akuntansi diartikan sebatas ilmu menghitung uang saja. Lantas apa sebenarnya akuntansi?

Tanpa kita sadari, akuntansi sebenarnya saling berkaitan erat dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja sebagai seorang ibu rumah tangga. Seorang ibu yang memanagement keuangan keluarga mulai dari mencatat daftar belanjaan bulanan, mencatat pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dalam membayar tagihan air dan listrik, biaya keperluan sekolah dan lain-lain.

Berikut merupakan pengertian "Akuntansi" menurut beberapa ahli, adalah sebagai berikut :
 
1. Pengertian akuntansi menurut "Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 476 KMK 01 Tahun 1991"
Akuntansi menurut Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 476 KMK 01 Tahun 1991 merupakan proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan pada suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang berguna dalam pengambilan keputusan.

2. Pengertian akuntansi menurut "American  Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)"
Akuntansi menurut American  Insitute of Certified Public Accounting (AICPA) merupakan seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan beberapa metode tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya yang bersifat moneter dan dalam menguraikan hasil.

3. Pengertian akuntansi menurut "ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)"
Akuntansi menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3) merupakan suatu kegiatan jasa yang digunakan untuk memberikan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

4. Pengertian akuntansi menurut "Financial Accounting Standards Board (FASB)"
Akuntansi menurut Financial Accounting Standards Board (FASB) adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi.
 
5. Pengertian akuntansi menurut "Littleton (Muhammad, 2002:10)"
Akuntansi menurut Littleton (Muhammad, 2002:10) merupakan perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai sebuah usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut.

6. Pengertian akuntansi menurut "Warren dkk (2005:10)"
Akuntansi menurut Warren dkk (2005:10) merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak yang berkepentingan berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan keadaan perusahaan.

7. Pengertian akuntansi menurut "Kohler’s Dictionary"
Akuntansi menurut Kohler’s Dictionary adalah seni dalam pencatatan dari proses transaksi keuangan.
 
8. Pengertian akuntansi menurut "Suparwoto L (1990 : 2)"
Akuntansi menurut Suparwoto L (1990 : 2) merupakan suatu sistem atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak intern ini terdiri dari manajer atau pimpinan perusahaan. Sedangkan pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur, pemerintah, karyawan dan lain-lain.
 
9. Pengertian akuntansi menurut "C. West Churman"
Akuntansi menurut C. West Churman merupakan pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

10. Pengertian akuntansi menurut "Arnold"
Akuntansi menurut Arnold merupakan sistem yang dapat memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

11. Pengertian akuntansi menurut "Abu Bakar A, & Wibowo"
Akuntansi menurut Abu Bakar A, & Wibowo merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.
 
12. Pengertian akuntansi menurut "American Acounting Association (AAA)"
Akuntansi menurut American Acounting Association (AAA) merupakan proses pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang jelas dan tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.
 
13. Pengertian akuntansi menurut "Rudianto"
Akuntansi menurut Rudianto merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

14. Pengertian akuntansi menurut "Ikatan Akuntan Amerika"
Akuntansi menurut Ikatan Akuntan Amerika merupakan suatu potongan, estimasi dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan adanya penilaian dan pilihan yang membuat jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.

15. Pengertian akuntansi menurut "Dr. M. Gede"
Akuntansi menurut Dr. M. Gede adalah ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan di mana pengolahannya dan analisa catatan tersebut dilakukan secara terus-menerus berdasarkan aturan dan sistem tertentu.

16. Pengertian akuntansi menurut "Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)"
Akuntansi menurut Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4) merupakan sistem informasi yang mengukur kegiatan bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. 
 
Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian Akuntansi dari berbagai Ahli, semua pengertian memiliki tujuan yang hampir sama yakni mampu memberikan laporan yang akurat dalam periode tertentu. Sehingga mampu membantu anda dalam menyajikan laporan mengenai pengeluaran dan pemasukan perusahaan dan mengetahui Untung Ruginya perusahaan. 
 
Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian akuntansi secara umum adalah suatu kegiatan mencatat, meringkas, menganalisis dan melaporkan data yangberkaitan dengan transaksi keuangan dalam suatu bisnis atau perusahaan tertentu.

Sekian Artikel mengenai 16 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap - Sumber Informasi Akuntansi"

Post a comment