4 Kegiatan Akuntansi Lengkap

4 Kegiatan Akuntansi Lengkap

4 Kegiatan Akuntansi Lengkap
4 Kegiatan Akuntansi Lengkap

AKUNTANSI merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian laporan keuangan yang terjadi selama periode waktu tertentu. Obyek akuntansi adalah transaksi keuangan. Dari pengertian akuntansi tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan akuntansi meliputi:


1. Pencatatan (Recording)
Pencatatan merupakan kegiatan untuk mengadakan pencatatan atas transaksi keuangan perusahaan yang terjadi ke dalam dokumen (bukti transaksi), buku harian (jurnal) yang tersedia pada perusahaan dengan tepat dan berurutan.
Misalnya Transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam bukti transaksi (nota kontan).

2. Penggolongan (Classifying)
Penggolongan merupakan kegiatan menggolongkan transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan ke dalam perkiraan buku besar.
Misalnya Transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam jurnal pengeluaran kas. Kemudian digolongkan ke perkiraan buku besar kas.

3. Peringkasan (Sumarizing)
Peringkasan merupakan kegiatan meringkas transaksi keuangan yang sudah digolongkan dan dicatat ke perkiraan buku besar tersebut ke dalam neraca saldo.

4. Pelaporan (Presenting)
Pelaporan yang dimaksud adalah menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari laporan laba / rugi, laporan perubahan modal(ekuitas) atau laporan laba yang ditahan(PT) dan neraca.

Sekian Artikel mengenai 4 Kegiatan Akuntansi Lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kegiatan Akuntansi Lengkap"

Post a comment