Bidang-bidang Akuntansi Lengkap dengan Profesi Akuntansi

Bidang-bidang Akuntansi Lengkap dengan Profesi Akuntansi 
Bidang-bidang Akuntansi Lengkap dengan Profesi Akuntansi
Bidang-bidang Akuntansi Lengkap dengan Profesi Akuntansi
 Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian akuntasi. Tentunya sudah tahu pengertian akuntansi bukan,? Yups betul. Akuntansi merupakan suatu proses PENCATATAN, PENGGOLONGAN, PERINGKASAN, dan PENYAJIAN laporan keuangan yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis tentang bidang-bidang akuntansi. Bidang-Bidang akuntansi antara lain:


1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Akuntansi Keuangan merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengolah data keuangan menjadi laporan keuangan, untuk diinformasikan kepada pihak luar perusahaan.

2. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi Biaya merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan untuk menetapkan dan mengendalikan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

3. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
Akuntansi Perpajakan merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk mempersiapkan laporan keuangan yang diperlukan untuk penetapan pajak dalam suatu perusahaan.

4. Akuntansi Anggaran (Budgeting)
Akuntansi Anggaran merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyusun rencana keuangan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dimasa mendatang dengan melakukan perbandingan antara hasil operasi dengan rencana yang telah ditentukan.

5. Akuntansi Pemeriksaan ( Auditing)
Akuntansi Pemeriksaan merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk melakukan pemeriksaan secara bebas atas data-data akuntansi dengan maksud meneliti kecermatan, kebenaran, kaftam catatan, bukti usaha perusahaan dan menilai kebenaran laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu.

6. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Akuntansi Manajemen merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyediakan informasi untuk pihak manajemen perusahaan untuk mendukung operasi sehari-hari dan untuk membuat perencanaan dan kebijakan untuk masa mendatang.
Tugas akuntansi manajemen:
   1). Membantu memilih alternatif terbaik
   2). Menemukan alternatif tindakan
7. Akuntansi Pemerintahan (Government Accounting)
Akuntansi Pemerintahan merupakan salah satu bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintah.

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)
Sistem Akuntansi adalah akuntansi yang mengkhususkan diri pada penetapan prosedur dan pengendalian data keuangan sehingga proses pencatatan akuntansi dapat berjalan dengan cepat, efektif dan efisien.


PROFESI AKUNTANSI

Akuntan adalah orang yang memiliki keahlian dan kematiran dalam bidang akuntansi. Akuntan dibedakan menjadi 4 yaitu akuntan Intern atau akuntan privat (private accountant), Akuntan Publik (Public Accountant), Akuntan pemerintah (government accountant), dan Akuntan Pendidik.
1. Akuntan Intern atau akuntan privat (Private Accountant)
Akuntan Intern merupakan salah satu profesi akuntansi dimana seorang akuntan ini bekerja di dalam perusahaan atau organisasi.
Tugas Akuntan Intern :
   1). Menangani masalah perpajakan
   2). Melakukan pemeriksaan intern
   3). Menyusun laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak intern dan ekstern.
   4). Menyusun sistem akuntansi perusahaan
   5). Menyusun anggaran.
 
2. Akuntan Publik (Public Accountant)
Akuntan Publik merupakan salah satu profesi akuntansi dimana seorang akuntan ini menjalankan fungsi pemeriksaan secara bebas atau independen terhadap laporan keuangan perusahaan atau organisasi lain serta memberikan jasa kepada pihak-pihak yang memerlukan.
Tugas Akuntan Publik :
   1). Memberikan jasa perpajakan (tax service)
   2). Melakukan pemeriksaan(auditing)
   3). Memberikan jasa konsultasi manajemen (management advisory service)
 
3. Akuntan pemerintah (government accountant)
Akuntan pemerintah merupakan salah satu profesi akuntansi dimana seorang akuntan ini bekerja pada badan pemerintah.

4. Akuntan Pendidik
Akuntan pendidik merupakan salah satu profesi akuntansi dimana seorang akuntan ini memiliki tugas dalam pendidikan akuntansi yaitu mengajar, menyusun kurikulum, dan melakukan penelitan di bidang akuntansi.


Sekian Artikel mengenai Bidang-bidang Akuntansi Lengkap dengan Profesi Akuntansi . Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bidang-bidang Akuntansi Lengkap dengan Profesi Akuntansi"

Post a comment