Mengenal Lebih Dekat Akuntasi Internasional


Dalam hubungan internasional, seperti dalam wilayah lain hubungan manusia, tak satupun yang dapat tegak untuk jangka waktu yang lama. Hubungan internasional berubah bersamaan dengan berubahnya segala seuatu: politik, ekonomi, ilmu, teknologi, pendidikan, budaya, dan seterusnya. Suatu kasus yang jelas adalah inovasi teknologi, yang benar-benar telah membentuk hubungan internasional dari permulaan dan berlanjut membentuknya dengan cara yang signifikan yang tidak pernah seluruhnya di perkirakan.

Dalam dunia ini ada sebuah Negara yang memiliki identitas mereka masing-masing, apalagi sumberdaya alamnya dan manusia yang menduduki Negara tersebut memilki ciri khas dalam fisik nya, sehingga kita kali ini ingin menjelaskan pekerjaan yang memang sudah sanggat populer dalam ekonomi, apalagi di bidang keilmuan sudah lama ada jurusan akuntasi tersebut. Sekaligus menjelaskan masalah akuntasi internasional yang sangat penting dalam melakukan membuat sebuah laporan hasil transaksi perdagangan internasional antara sector swasta dan public.

Akuntasi internasional merupakan suatu standar tunggal pelaporan akuntansi yang memberikan tekanan pada penilian (revaluation) professional dengan disclosures yang jelas dan transparan mengenai substansi ekonomis transaksi, penjelasan hingga mencapai kesimpulan tertentu. Ada beberapa alasan mengapa standar akuntasi diperlukan, antara lain:
  1. Banyak Negara hukuman atas ketidakpatuhan dengan ketentuan akuntasi cenderung lemah dan tidak efektif.
  2. Perusahaan boleh melaporkan informasi lebih banyak daripada seharusnya secara sukarela.
  3. Beberapa Negara memperbolehkan perusahaan untuk mengabaikan standar akuntasi jika operasi dan posisi keuangan perusahaan tersajikan dengan baik.

Berikaut ini terdapat beberapa fungsi-fungsi akuntasi internasional, antara lain:
  
1. Parent-Foreign Subsidiary Accounting
2. Comparative
3. World Accounting

Ini akan saya jelaskan arti 3 fungsi yang ada di atas diantaranya:

1. Parent-Foreign Subsidiary Accounting
Digunakan sebagai jenis konsep akuntasi yang paling lama. Dengan begitu akuntas internasional seringkali hanya menyangkut tentang proses penyususnan laporan konsolidasi yang bersumber dari perusahaan induk dengan perusahaan cabang yang berbeda dari masing-masing Negara.
  
2. Comparative
Konsep comparative atau sering disebut dengan internasional accounting, jenis akuntasi ini lebih menekankan upaya untuk mempelajari perbedaan-perbedaan akuntasi yang terjadi di berbagai Negara.

3. World Accounting
Merupakan konsep atau kerangka yang berlaku di setiap Negara yang dijadikan sebagai tujuan akhir dari akuntasi internasional. Dalam fungsi ketiga ini, sebuah laporan keuangan harus memberikan pandangan atau gambaran yang benar dan adil terhadap usaha organisasi sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan.

Demikian saja artikel Mengenal Lebih Dekat Akuntasi Internasional. Semoga saja artikel ini bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya

*)Penulis: Jakfar_Kluet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Akuntasi Internasional"

Post a comment