PERBANDINGAN KREDITUR DENGAN DEBITUR


Dalam dunia bisnis kita sering mendengar antara kreditur dan debitur yang memang sangat populer dikalangan pebisnis dikarenakan ada kegunaannya masing-masing, akan tetapi dalam kalangan orang awam yang baru paham tentang dunia finansial pasti kesusahan dalam membedakan arti keduanya antara kreditur dan debitur. Sehingga kami dari tim tahuakuntasi akan menjelaskan perbandingan antara kreditur dengan debitur itu sendiri.

Untuk kali ini kami akan menjelaskan perbandingan di setiap fungsi keduanya yang memang akan memberikan pemahaman bagi yang akan mau belajar tentang dunia finansial.
Ini ada beberapa poin yang akan kami jelaskan di antaranya:

Pengertian kreditur dan debitur
Jenis-jenis kreditur

Untuk pertama ini akan kami jelaskan pengertian kreditur dan debitur itu sendiri supaya bisa tidak salah dalam menjelaskan arti keduanya.

Pengertian

Kreditur
 Seseorang atau kelompok yang memiliki piutang karena perjanjian atau bisa juga dari kalangan pemerintah, perusahaan dan organisasi yang memiliki suatu tagihan kepada pihak lain (pihak kedua) yang sering di sebut yang memberikan kredit atau pinjaman kepada pihak lainnya.

Debitur
Pihak yang berhutang kepada pihak lain atau berdasarkan dari KBBI debitur itu sendiri adalah orang atau Lembaga yang berhutang kepada orang atau Lembaga lain. Dalam hal ini diperlukan sebuah perjanjian untuk menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk membayar utang tersebut. Ada beberapa kasus Ketika pihak dari debitur itu sendiri tidak bisa melunasi hutang tersebut maka akan dilakukan penyitaan harta benda.

Jenis-jenis

Kreditur
- Kreditur Preferen adalah kreditur yang memiliki hak istimewa sehingga untuk urusan ini selalu di dahulukan di bandingkan dengan yang lainnya karena di perintahkan oleh undang-undang.

- Kreditur Saparatis adalah kreditur yang memegang sebuah hak jaminan seperti hak gadai, hak jaminan, hak hipotek dan hak-hak jaminan atas kebendaan lainnya.

- Kreditur Konkuren adalah sebuah kreditur yang tidak memegang hak jaminan namun memiliki hak untuk menagih debitur yang berdasarkan hasil perjanjian.

Sekian Artikel mengenai Perbandingan Kreditur dengan Debitur. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, terimakasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERBANDINGAN KREDITUR DENGAN DEBITUR"

Post a comment