Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi Lengkap - Sumber Informasi Akuntansi

BENTUK PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI



Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel mengenai "Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi". Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi berkaitan erat dengan unsur-unsur laporan keuangan yaitu Harta Utang dan Modal. Hubungan antara harta, utang dan modal dapat dinyatakan dalam persamaan dasar akuntansi sebagai berikut: Semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan pada dasarnya akan mengakibatkan perubahan pada unsur harta, utang atau modal sesuai dengan transaksi yang terjadi, tanpa mengubah keseimbangan persamaan akuntansi. Setiap terjadi transaksi akan mengakibatkan perubahan yang seimbang pada unsur harta,utang dan modal. Hal  ini berarti pula bahwa setiap transaksi mengakibatkan perubahan pada posisi keuangan perusahaan.

Sebagai gambaran berikut ini adaah transaksi-transasi yang terjadi pada “Venus Taylor” selama bulan Oktober 2017 serta pengaruhnya terhadap persamaan akuntansi.
Transaksi 1:
Tuan Anton menyetor uang tunai sebagai penanaman modal dalam perusahaannya sebesar Rp. 10.000.000,-
Akibat transaksi ini pada posisi keuangan “Venus Taylor” adalah sebagai berikut: Disatu sisi timbul atau bertambahnya harta perusahaan berupa uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,- diimbangi disisi lain dengan timbulnya kewajiban perusahaan kepada pemiliknya juga sebesar Rp. 10.000.000,-. Digambarkan dalam persamaan akuntansi sebagai berikut:
Transaksi 1

Transaksi 2:
Venus Taylor membeli peralatan menjahit (mesin jahit, mesin obras,dll) seharga Rp. 5.000.000,- dengan perjanjian akan dibayar kemudian dalam dua kali angsuran secara kredit.
Transaksi ini disebut pembelian kredit (on account) dan akibat dari transaksi ini adalah bertambahnya harta perusahaan berupa peralatan(equipment) seharga Rp. 5.000.000,- diimbangi dengan timbulnya kewajiban kepada kreditur berupa hutang dagang (account payable) sebesar Rp. 5.000.000,-. Perusahaan posisi keuangan Venus Taylor tampak dalam persamaan akuntansi sebagai berikut:
Transaksi 2

Transaksi 3:
Venus Taylor membeli perlengkapan menjahit (kancing, resluiting,dll) sebesar Rp. 600.000,- secara tunai.
Perubahan posisi keuangan akibat transaksi ini adalah bertambahnya harta perusahaan berupa perlengkapan (supplies) seharga Rp. 600.000,- diimbangi dengan berkurangnya harta perusahaan berupa uang tunai sebesar Rp. 600.000,-. Sehingga posisi keuangan Venus Taylor setelah transaksi ke 3 tampak sebagai berikut:
Transaksi 3

Transaksi 4:
Dibayar hutang kepada kreditur atas pembelian peralatan sebesar Rp. 2.500.000,-.
Transaksi ini mengakibatkan perubahan pada harta perusahaan, yaitu uang tunai(kas) berkurang sebesar Rp. 2.500.000,-. Diimbangi dengan berkurangnya hutang dagang juga sebesar Rp. 2.500.000,-. Sehingga posisi keuangan Venus Taylor setelah transaksi ke 4 tampak sebagai berikut:
Transaksi 4

Sekian Artikel mengenai BENTUK PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah pengetahuan. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi Lengkap - Sumber Informasi Akuntansi"

Post a comment